Kru Web P2KP (updated)

Siapa niiiih yang attack web? :D

Siapa niiiih yang attack web?πŸ˜€

Seiring perjalanan P2KP yang “berubah” menjadi PNPM Mandiri Perkotaan, struktur organisasi pun berubah bentuk. Tidak hanya itu, Tim Website pun mengalami bongkar-pasang. (Foto di atas adalah formasi terakhir, per 14 Juni 2010)

Kami sempat ditinggal dan dimampiri sejumlah tenaga expert, namun pada akhirnya, Tim Website yang masih bertahan, akan diceritakan berikut ini..

Sejarah Web

Website P2KP mulai publish di dunia maya sekitar tahun 1999, seiring melajunya roda siklus P2KP awal (1 dan 2). Agak mandeg sebentar, tapi konon, fresh kembali per thn 2001. Awalnya, formasi kru website, antara lain, Pak EmZet (Webmaster), Pak Yoyok (Admin), lalu Mbak Nita (Admin), Yanti (Editor).

Mulai tahun 2004 akhir dan 2005 awal, Kang Dedi (Programmer), Mas Poncokutowo (Design), Fajar (Admin), dan almh.Nesty (Asisten Red.) direkrut. Kemudian, saya (Editor) juga direkrut menggantikan Yanti. Tak berapa lama saya bergabung, Mas Ponco mengundurkan diri dan pulang ke kampung halamannya.

Tahun 2006 akhir, formasi berubah lagi. Pak EmZet “menghilang”, Nesty ditugaskan menjadi asisten Pak Leo di PPM. Selama setahun lebih, tim web seperti anak ayam kehilangan induk. Lebih seram lagi, Pak Danny Sutjiono (dahulu Kepala SNVT Pusat) malah mempercayai kami bisa tetap berjalan tanpa webmaster. Aduh! Syukurlah, akhirnya pada tahun 2007, Pak Aries Muslim dinobatkan menjadi Webmaster p2kp.org.

Pertengahan 2008, Pak Aries Muslim harus meninggalkan tanah air dan melanjutkan studinya di Dijon, Prancis. Dengan begitu, posisi Webmaster (lagi-lagi) kosong, hingga kontrak P2KP berakhir pada 15 Februari 2009, bahkan hingga Mei 2009.

Cobaan bagi Tim Website tidak hanya sampai absennya Webmaster, Webadministrator kita (Si Japra) mulai rajin menghilang sejak Januari 2009, yang pada akhirnya “mundur” per Februari dan tak tergantikan hingga akhir April 2009!

Per Mei 2009, kami kedatangan dua personel baru. Awan Soegi, menggantikan Fajar (Webadmin) dan Simon Anon Satria, sebagai Webmaster. Sayangnya, formasi ini tidak bertahan lama. Per Juli 2009, Pak Simon mengundurkan diri, karena ada masalah keluarga mendesak yang tidak dapat dipecah-konsentrasikan (bahasa apaaaa coba, “pecah-konsentrasi” ini? Hehe..) Disusul Webadmin yang juga “menghilang” sebulan kemudian. (Kelihatannya pressure dan load pekerjaan, serta minimnya komunikasi menjadi kendala bagi personel terakhir kita ini).

Akhirnya, per Agustus 2009–sama seperti keadaan Februari-April–formasi yang tersisa adalah Kang Dedi (Web Maintenance), dan saya (Web Editor).Β  Berhubung kerjaan kami semakin menggunung, KMP menobatkan Dian Permana untuk diperbantukan di tim kami, sebagai operator, mengingat kami menambah feature baru di website, yaitu email domain sendiri—- @pnpm-perkotaan.org.

Sekitar pertengahan September, dua personel baru bergabung dalam tim, yaitu Poppy Lau sebagai WebMaster, dan Benny Fendry sebagai Webadmin. Formasi ini bertahan hingga Desember 2009. Per Januari 2010, Poppy Lau mengundurkan diri karena harus mendampingi ibunya berobat jalan. Jadilah hingga sekarang, formasi terakhir sebagai berikut..

Lihat Lebih Dekat

Web Maintenance – Kang Dedi “deyuro” Yuliarto mungkin yang paling kalem (dan tua juga! Haha..) dibanding saya. Dia masih “terjerumus” menjadi leader-nya Tim Web. Job desc beliau pun bertambah. Selain sebagai programmer dan maitenance, beliau juga sebagai caretaker tugas Webmaster, web designer, serta webadmin untuk uploading konten non WARTA, yang harus dijalaninya secara (mau nggak mau) “sukarela”—you know what I mean deh.. Hehe..

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, ayah satu anak ini sempat kondang dengan rambut panjangnya nan bergelombang indah… *halah* Predikat rambut panjang tersebut langsung kandas ketika Kang Dedi tiba di kantor, pada 22 Nov 2006 pagi, dengan kepala plontos. Seluruh personel di kantor Proyek P2KP, tampak shock dengan perubahan ini!πŸ˜€ Untunglah, sehari sebelum dicukur habis, Kang Dedi sempat meminta saya memfoto rambutnya. “Buat kenang-kenangan,” kata Kang Dedi waktu itu.

Secara etika kerja, Kang Dedi termasuk orang yang disiplin bekerja. Beliau adalah “the architect” yang mendisain website P2KP, mulai website berwarna biru, orens, hijau (semua itu tampilan lama) hingga merah-marun dan putih (tampilan sekarang) ini. Soal website dan QS, beliau jagonya.. Begitu juga di arena MOHAA, deyuro adalah prajurit yang paling lihai berkelit dan menembakkan shotgun-nya ke arah musuh! *duarrr!*πŸ˜€

Ah iya, untuk menghilangkan kebosanan bekerja, sesekali kami masih ber-MOHAA-ria. Tapi sangat jarang, karena para personel lainnya sibuk di kantor masing-masing..

Web Editor – ya saya. Titik. Selesai. hehe.. *curang*

Ya udah deh, sedikit tentang saya, Nina Firstavina a.k.a. Nina K. Wijaya. Di antara kru web, sayalah yang paling cantik, karena sejak dulu, saya wanita satu-satunya yang bertahan di tim ini. Hehe..

Saya baru saja memiliki bayi laki-laki, anak ke-3 kami, yang lahir akhir November 2009 lalu. Sejak bayi lahir, entah kenapa arena MOHAA melesu.. :p

Secara pekerjaan, mungkin saya yang paling leluasa untuk browsing dan chatting. Meski begitu, saya lebih suka chatting dengan rekan-rekan P2KP terkait pengiriman tulisan partisipatif untuk web, atau browsing situs yang ada kaitannya dengan pengayaan ilmu “tulis menulis”. Atau, jika sedang jenuh mengedit, saya menulis di blog. Saya juga kerap nongkrongi Facebook guna “menangkap” pelaku lain yang juga memiliki account Facebook (sebagian sih sudah punya FB). Dengan maraknya fasilitas jejaring sosial ini, pekerjaan saya “menagih tulisan” jadi lebih mudah dan simpel.

Web AdministratorBenny Fendry. Lelaki LAJANG (sengaja di-caps, hehe..) satu ini sangat menyenangkan diajak diskusi apa saja. Pengetahuannya luas dan tipe open-minded. Dia tidak hanya piawai dalam hal teknis, tapi juga seorang yang berkemampuan tinggi/cepat dalam belajar dan beradaptasi dengan hal baru. Bahkan, kemampuannya ber-MOHAA juga terbilang luar biasa, sukanya menembak secara sadis! :p

Jangan lupa, Benny juga seorang lelaki yang sangat ramah. Saking ramahnya, setiap telepon yang masuk ke HPnya (meski salah sambung) tetap diterimanya dengan baik. Tak ayal, kita juga memiliki julukan lain untuk Bung Benny ini, yaitu Mister Ring-ring. Jadi, buat bapak-bapak dan ibu-ibu yang mencari mantu idaman, silakan menghubungi Benny. Dijamin bahagia deh anaknya..πŸ˜€ *serius!*

Web Operator – Dian Permana. Di antara Tim Pengelola Web, Dian adalah yang termuda. Meski begitu, Dian sudah mampu “menyalip” Benny dalam hal kehidupan pribadi. Seperti yang saya sebutkan tadi di atas, jika Benny adalah lelaki lajang idaman, maka Dian adalah lelaki beranak satu yang diidam-idamkan oleh istrinya. *ya eyalah*πŸ˜€

Bapak satu anak ini juga baru lulus sebagai sarjana ekonomi manajemen (Selamat ya, Diaaan!)

Tim Penggembira Lain

Ini kaitannya dengan MOHAA niy.. MOHAA nggak hanya “ditekuni” oleh Tim Web, tapi juga personel SIM–yang belakangan “terpecah”, yaitu Pak Sutadi (Asisten Monev KMP P2KP-2, dulunya TA SIM) dan Ottow (Asisten PPM, dulunya di SIM juga).

Kedua pria ini bener-bener pecinta MOHAA. hehe.. Hingga sekarang, P’ Sutadi masih rajin menyambangi Ruangan Web. Apalagi kalau beliau sedang mengantuk dan suntuk dengan kerjaannya di monev. hehe.. Julukan P’Sutadi di MOHAA ini adalah “Si Nikmat Sadis”. Dan, tembakannya memang sadis sekali…πŸ˜›

Sedangkan Ottow, nggak perlu ditanya lagi.. dia paling jago dalam meng-handle segala jenis senjata yang digunakan di pertempuran. Meskipun mengadaptasi nama “Aming ABG”, Ottow sanggup mengalahkan lawan, berapapun jumlahnya lho! He’s a maniac. (Hahaha..)πŸ˜€

*tambahan..

Satu lagi, adalah Pak Yo. Beliau adalah OB P2KP untuk kami (Pusinfo). Sungguh menyenangkan memiliki OB seperti Pak Yo. Setiap pagi datang, di meja kami masing-masing pasti sudah tersedia segelas air putih dan teh manis hangat. Dan, setiap sore, sekitar pukul 14.00 – 15.00 WIB, Pak Yo pasti membawakan segelas kopi panas untuk kami. Waaaah, jelas semakin semangat dong kami! Tahu sendiri kan, jam-jam segitu adalah “sesi mengantuk” se-Indonesia.πŸ˜€

Terima kasih, Pak Yo.. Tanpa Pak Yo, kami tidak semangat kerja lho! Kalau ada Pak Yo, dunia pun berputar normal!πŸ˜‰ (fotonya Pak Yo, menyusul ya. Sudah pernah difoto, tapi barusan saya cari-cari, nggak ada..)

Di Facebook, Website kita juga memiliki page sendiri yang dikelola oleh kami semua secara bergantian (seringnya sih, yaa sama saya, hehe..). Link-nya sebagai berikut:

Official Website P2KP/PNPM Mandiri Perkotaan

Intinya, Tim Pengelola Website P2KP/PNPM Mandiri Perkotaan tetap semangat “mencegat” rekan-rekan pengguna Web di mana pun berada..πŸ˜‰

Semangat terus Tim Web! Bravo P2KP, Bravo PNPM Mandiri Perkotaan!!

34 thoughts on “Kru Web P2KP (updated)

  1. okta prstowo says:

    mbak nina, bolehkah p2kafe kita link di blog kita? terus thanks buat komennya, BTW berapa banyak blog yang ada hubngan dengan p2kp sejauh yang mabak nina ketahui?

  2. NiNaGeuLiS says:

    ooowww.. silakan, Rekan Okta..
    Terus terang, saya gak hafal berapa blog yang kaitannya dengan P2KP, tapi saya mencatatnya di blogroll samping ini (baru saya tampilkan). Jika ada yang lainnya, nanti baru saya update.

    kalau Rekan Okta punya link blog lainnya, kasih tau saya yaa..πŸ˜‰

    terimakasih..

  3. bima_lilik says:

    apesssssssssss

  4. NiNaGeuLiS says:

    apes begimana niy maksutnya?πŸ˜›

  5. emzet says:

    ohoy… lama ga jeumpa ma kruweb p2kp n the communities …kangen juga euy… kapan ya bikin acara yg rame gitu, coba cetusin ke pak Sutadi, misal bikin acara organ tunggal di sebuah busway, kita semua jadi penumpang n penyumbang nyanyi, sptnya asyik.

    salam.
    mz

  6. japra says:

    ohoy juga pak emzet… kangen juga ya?
    hahahaha….idea yang seru niyy… panggung musik di busway??
    kalo bisa ada yang jadi keamanan niyy.. pinjem baju satpol PP..
    trus judul lagunya ??
    “Kodok Ngorek”??? pake kostum….
    ataw… ada idea laen?…xixixixi…

  7. ehm……ehm…. crew web yang merangkap crew MOHAAA … perhatikan klo tidur …. suka mengigau “AAWWAAAAAAAAAAASSSSSSSSS GRAAAAAAAANAAAATTTTAAAASSSSZZZZ” ini gara2 teriakan Japra asssoyy yg menggelegar kayak BOMB nya si Aming ABG “si penebar BOMB maut” ….. silahkan lihat di ruangan web yah ….. untuk lebih detail ……

  8. NiNaGeuLiS says:

    Huahahaha.. Pak Sutadiiiii… Begitu juga dengan beliau yang memiliki nickaname: Si Nikmat Sadis. Memang sadis sekali!

    Hayo Pak datang ke ruangan web, “latihan” MOHAA lagi. hihhii..πŸ˜€

  9. he…he…he….he…. udah ada yg ngantuks neh ….. tunggu lengkap dulu deh ….. deyuro ama japra kan masih absen

  10. p2kafe says:

    Japra Asoyy ada, Pak… Deyuro aja yang lagi absen gara2 pompa airnya korslet.. :p

  11. okta_prastowo says:

    Apa memang di seluruh indonesia lagi overload Faskel CD?

    • p2kafe says:

      waduh.. kalo peta kebutuhan Faskel CD (atau ekonomi atau apapun) yang paling tahu yaaa KMW masing-masing, Mas.. Kita yang di web ini baru akan tahu jika KMW atau KMP memberitahu.. Begitu..πŸ™‚

  12. hanux says:

    Waaah udah lama nih gak ketemu konco2 P2KP… hehehe
    masih maen mohaa yaah?? upgrade dong jadi COD4: modern warfare.. dijamin lebih maknyooosssss… (pdhl gw sendiri ud pensiun)
    sukses semua yaah..

    • p2kafe says:

      Wuah, MOHAA masih duuuunk.. Tapi beberapa orang sudah “gugur”, seperti Pak Haripur–yang sekarang sibuk jadi TL KMW DKI Jakarta. Trus juga Pak Sutadi, sibuk ama Monev-nya. Mas Udin juga sibuk di KMP dengan tim SIM-nya. Yang masih setia mah cuma Nina, Pak Dedi, Ottow dan webadmin baru kita. Maen2 ke sini napaaa…πŸ˜€

  13. Yeni Lisdiani says:

    wwiiihhh…akhirnya “kecari” juga….orang-orang dibalik web nya p2kp…
    teh nina tuh ternyata lebih cantik dari yang saya bayangkan.
    om-om yang lain…yah…ganteng lah…(sedikit memuji, sekaligus mau menanyakan hadiah..hasil survey web nya…hihihi…meskipun hadiah nya bukan mobil atau rumah…ga apa-apa deh….itu tidak akan mengurangi kenikmatan membaca jerih payah kalian….)
    sukses yah…kapan-kapan undang donk..maen ke kantornya…sekalian belajar sama teteh dan om-om……

    mmuach….buat teh nina….(Yeni – 08179907726)

    • p2kafe says:

      Waaaa.. Neng Yeniiiii..
      Hatur nuhun tos mampir! Jadi bungah..
      Iya, waktu itu kita sudah kirimkan hadiah Survai Online tea, tapi seminggu kemudian balik lagi hadiahnya. Alamat tidak dikenal (euleuh?) Akhirnya webadmin yang akan meng-handle ini ceunah..
      Mau main ke kantor web? Hayu atuh.. Kalau pas ke Jakarta, main-main yah ke sini. Kantornya di daerah Pejompongan, ngga jauh dari Tanah Abang dan Ambassador. Kabar-kabari aja yah..

  14. iin asmandat says:

    Wahh akhirnya bisa liat wajah-wajah KMP jaman duluπŸ™‚
    pak ottow msh imut gitu…πŸ™‚
    mba anna pernah sms an tp wajahnya baru liat skrangπŸ˜‰
    hayo pk sutadi kenapa batal ke gorontalo?? katanya dulu pengen liat gorontalo..
    tp gpp sih…soalnya gk ada p sutadi, p pranata jg bole kok hehe sesama perguruan monev maksudnya

    salam kenal buat semua kru p2kafeπŸ™‚

  15. ifan says:

    Alhamdulillah… asap kafe ini masih ngebul!

  16. Subkhan F says:

    Blog PNPM Jepara alias Blog Korkot Jepara dah Off Abadi Mbak Nina.

  17. pnpmmptmg says:

    lapor Komandan, blog korkot temanggung ganti alamat mohon link web yang ada di web p2kp.org bisa diganti alamatnya. ini alamat barunya : http://p2kptemasobo.wordpress.com. perubahan ini dikarenakan ada beberapa sebab yg tdk bisa saya sebutkan.
    itu dulu yang baru dpt saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.

    Nuhun,

    admin
    Nb. Blog Lama : http://p2kptemasobo.blogspot.com
    blog BARU http://p2kptemasobo.wordpress.com

  18. allan says:

    nice.., i like this site…

  19. arish19 says:

    akhirnya….keluar lagi…postingnya…..
    mau nitip pesan nich…”Di Blogroll/Linknya web p2kp.org itukan ada Blognya PNPM Mandiri Perkotaan Kab. Temanggung…, nah sekarang dah ganti alamat (dulu p2kptemasobo.blogspot.com) sekarang menjadi p2kptemasobo.wordpress.com. Minta tolong diganti alamat link nya donk…..,please…”.
    Nuhun….
    Semoga kafenya selalu bertambah sukses…..

  20. mas, mbak.
    boleh gak blog kita juga di link kan disini..?
    p2kpsbw.wordpress.com

    salam hangat dari p2kp adv kab sumbawa.

  21. Naomi says:

    kog aku ga ada yaa……???? :-&

  22. hminandar says:

    mantaffff terus semangat….
    dari webmaster pusat.web.id bkmsahsaka.com bkmsukarara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s