Surat Cinta dari Redaksi (part 2)

(As Posted on: http://www.p2kp.org/forumdetil.asp?mid=39226&catid=4&)

Lanjutan…

Kelompok kata pertama yang akan saya sampaikan adalah kata yang merupakan serapan dari bahasa asing.

Apa saja kah kata yang merupakan serapan dari bahasa asing? Wah, buanyaak sekali! Tapi, saya hanya akan memberi contoh beberapa kata saja di sini. Kata-kata berikut ini umum digunakan, terutama kaitannya dengan kegiatan kita di dunia pemberdayaan.. *halah* ha..ha..ha...

Kosakata Indonesia yang merupakan serapan bahasa asing, di antaranya, adalah… (ehm, maaf… makna katanya, menyusul yaa.. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer saya tertinggal di kantor, hehe..):

– Aktif —-> dari bahasa asing: Active
– Produktif —-> dari bahasa asing: Productive
– Sinergi —–> dari bahasa asing: Synergy

Nah, ketika kata tersebut berdiri sendiri, kita semua dapat mengejanya dengan baik. Tapi, ketika kata tersebut dijadikan kata benda (ditambahkan —itas, atau –sasi), beginilah yang umumnya terjadi…

– Aktif —> Aktifitas
– Produktif —> Produktifitas
– Sinergi —> Sinergitas

Coba perhatikan.. Menurut Anda, kata di atas benar atau tidak ejaannya hayooo? manis kan?...

Kalau sudah benar, saya nggak akan membahas lagi dooong! Hehehehe..
Yes, kata-kata tersebut di atas: SALAH!

Seharusnya:
Aktif —> Aktivitas

Berhubung aktif merupakan serapan dari kata “active”, maka ketika ditambahkan akhiran, ia tidak lagi menggunakan “f”, melainkan “v”, menjadi AKTIVITAS.

Begitu juga dengan:

Produktif —> PRODUKTIVITAS, bukan produktifitas.

Lalu, bagaimana dengan kata “Sinergi”? Bisa kah menjadi Sinergitas?? manis kan?...

Begini, bos… Saya sudah bongkar-bongkar kamus bahasa Indonesia, dan tetap saja, tidak ada itu istilah Sinergitas. Bahkan dalam bahasa asing pun, tidak ada istilah “synergity”… senangnya...

Untuk itu, kata “sinergi” tetap berdiri sebagai SINERGI saja, tidak dapat diubah menjadi sinergitas, apalagi sinergisasi.. ha..ha..ha...

Ah iya, satu lagi… Istilah “Pavingisasi” dan “Pipanisasi”, biasanya terkait pembangunan infrastruktur sarana-prasarana.

Saya kerap menemukan kata ini dalam tulisan yang dikirimkan oleh rekan-rekan KMW. Terus terang, saya sering nyengir geli membacanya. Dalam kaidah bahasa Indonesia, tidak ada istilah pavingisasi atau pipanisasi ini. Konon, menurut seorang rekan yang menggeluti bidang Tata Kota, kata tersebut umum digunakan oleh “orang-orang infrastruktur”. Padahal, dalam bahasa Indonesia, kata tersebut salah.

Untuk itu, hindari penggunaan istilah Pavingisasi. Ganti saja dengan “Pemasangan paving”. Begitu juga dengan Pipanisasi, hindari istilah tersebut dan ganti saja dengan “Pemasangan pipa”. Memang jadinya lebih panjang, tapi kalimat tersebut tepat, dan Anda akan terhindar dari malu akibat keliru menggunakan istilah.. ting..ting!

Oke, malam semakin larut… Saya akan melengkapi dan melanjutkannya lagi besok siang (di sela-sela editing) atau petang (usai editing dan updating konten WARTA-BEST PRACTICE di website).

Jika ada kosakata yang menurut rekan-rekan menarik untuk dibahas, silakan sharing. Insya Allah, saya bisa menjawabnya, sesuai dengan EYD dan kaidah bahasa yang tepat. Atau, kalau ada rekan lainnya yang bisa menjawab, silakan. Saya akan senang sekali kalau ada rekan pengguna Web, berkenan berbagi, sekaligus membantu saya meningkatkan ilmu. Intinya, kita sama-sama belajar kok.. Selama kita masih hidup, kita masih harus terus semangat belajar dan mengembangkan diri.

Dan, soal bahasa Indonesia ini, hayo kita ikut membantu Pak JS Badudu (Bapak EYD-nya Indonesia) agar berhenti tersedu, karena mungkin selama ini beliau miris menyaksikan rakyat Indonesia kurang mengindahkan bahasanya sendiri… ting..ting!

Mari, menggunakan bahasa Indonesia secara baik, benar, tepat dan lugas! Bravo P2KP-PNPM Mandiri Perkotaan! Semangat terus!

nuhun ah,
NiNaGeuLiS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s