Kami Masih Ada!

Ya, kami masih ada, masih bertahan!😛

Apa kabar, rekans semua.. Mohon maaf, sudah lama sekaliiii saya absen mengisi blog ini. Kabar terbaru dari kami terkait internal, silakan baca di bagian “page” yang baru saja di-update sore ini: Kru Web P2KP (updated). Di luar itu, keadaan kami sehat, alhamdulillah, berkat doa rekans semua.. Terima kasih!

Kami sempat kerepotan dalam pekerjaan. Selain karena formasi tim yang bolong (mengakibatkan sejumlah kerjaan tercecer dan pincang), formasi baru di Tim Besar PNPM Mandiri Perkotaan pun membuat kami perlu beradaptasi kembali..

Meski belum secara resmi nama P2KP diganti total menjadi PNPM Mandiri Perkotaan, struktur organisasi kami mulai berubah, personel baru datang silih-berganti dan personel lama reposisi ke sana-sini. Hal ini sempat menimbulkan kebingungan, terutama jika terjadi miskomunikasi. Tapi, syukurlah, secara bertahap, semuanya teratasi.. Mudah-mudahan ke depannya semakin solid. Perubahan signifikan dalam struktur organisasi terlihat pertama kali dari menghilangnya Program Management Team (PMT). Ini artinya, Tim Web, Tim PPM, Tim SIM dan Tim FMR, kembali ke dalam “pelukan” Konsultan Manajemen Pusat (KMP).

KMP pun terbagi menjadi KMP PNPM Mandiri Perkotaan–yang dikenal dengan sebutan “Reguler”, KMP (P2KP) Advanced–yang melanjutkan hasil kerja P2KP semisal PAKET, Channeling, P4, dsb., dan menyusul (menurut informasi yang bisa dipercaya) KMP IDB.

Ya, kini istilah P2KP-2 dan P2KP-3 sudah tidak berlaku lagi (secara hierarki). Di sisi lain, kontrak di wilayah dampingan P2KP-2 dan P2KP-3 masih ada yang berjalan dan belum semuanya dimigrasikan ke dalam badan utama KMP Reguler atau Advanced.

KMP PNPM Mandiri Perkotaan (Reguler)

Di dalam tubuh KMP PNPM Mandiri Perkotaan (Reguler)–selain struktur organisasi internal yang masih mirip dengan KMP-2 dahulu–adalah Oversight Consultant (OC) yang dahulu dikenal sebagai Konsultan Manajemen Wilayah (KMW). KMP ini mengkoordinir total sembilan OC (di bawah donasi World Bank dan Islamic Development Bank), tapi hingga Juli 2009, baru tiga OC yang dimobilisasi, yaitu OC-6, OC-7 dan OC-8.

OC-1 hingga OC-4 akan “dikelola” oleh IDB. Sisanya, (masih) oleh WB.

OC-1 terdiri atas NAD, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.

OC-2 terdiri atas Jambi, Sumsel, Babel, Bengkulu, dan Lampung.

OC-3 terdiri atas Banten, DKI dan Kalbar.

OC-4 terdiri atas Jabar.

OC-5 terdiri atas Jateng dan DI Yogyakarta.

OC-6 terdiri atas Jatim, Kaltim, Kalteng dan Kalsel.

OC-7 terdiri atas Bali, NTB dan NTT

OC-8 terdiri atas Sulut, Gorontalo, Sulsel, Sultra, Sulbar dan Sulteng.

Terakhir, OC-9 terdiri atas Malut, Maluku, Irjabar dan Papua.

Struktur organisasi OC, diketahui masih seperti KMW lama. Hanya saja, satu yang berbeda, yakni memiliki OC Provinsi. Jadi, bagannya (secara sederhana) adalah sebagai berikut:

OC (dipimpin oleh Program Director atau PD) –> OC Provinsi (dipimpin oleh TL Provinsi) –> Korkot –> Tim Faskel –> Faskel.

TL KMP PNPM Mandiri Perkotaan Ibnu Taufan

TL KMP PNPM Mandiri Perkotaan Ibnu Taufan

Oh ya, KMP PNPM Mandiri Perkotaan dipimpin oleh TL bernama Ibnu Taufan. Beliau pernah berkecimpung di PNPM Mandiri Perdesaan.

Rekans pemilik account Facebook bisa menyapa melalui profile FB beliau.

KMP Advanced

KMP ini tidak membawahi KMW, melainkan langsung ke tingkat Korkot. Diketahui, jumlah Korkot yang dibawahi KMP Advanced berjumlah 120 Kabupaten/Kota, dengan jumlah Korkot dan Askot Mandiri mencapai ratusan orang.

Secara kerja, Korkot dan Askot Mandiri Advanced ini terpisah dengan Korkot Reguler. Namun, dalam prakteknya, baik Korkot Advanced maupun Korkot Reguler diharapkan dapat bersinergi dan kolaborasi, meski data mereka–semisal untuk SIM–tidak sama (mengingat wilayah masing-masing Reguler dan Advanced, katanya sih, seharusnya tidak beririsan).

TL KMP P2KP Advanced Sonny H. Kusumah

TL KMP P2KP Advanced Sonny H. Kusumah

KMP Advanced dipimpin oleh TL bernama Sonny H. Kusumah, yang dahulu merupakan sebagai salah seorang personel di Tim Research and Development (d/h Advisory). Awas, jangan tertipu foto. Beliau bukan GAM atau milisia (hihihi…) meski begitu, kinerja beliau memang militan..😛

Anda pengguna FB, dapat menyapa di profile FB beliau.

KMP IDB?

Konon, sedang dalam proses pembentukan. Jadi, kami sendiri belum mengetahui struktur organisasi maupun personelnya.

Okay, segini dulu ya untuk hari ini. Insya Allah, saya akan update blog lagi Senin mendatang. Selamat berakhir pekan dan teruslah berkarya!

One thought on “Kami Masih Ada!

  1. amrihi says:

    kami dari BKM Warga Sejahtera Cibogor, Kota Bogor. Info yg disampaikan informatif pak, matursuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s