Kocar-Kacir Rekrutmen

Sebelum memulai….Halooooo rekans P2KP semuaaaa! Apa kabar???

Maaf sudah lama absen.. Kami cukup disibukkan dengan ups and downs-nya server dan website. OS baru sudah diinstall, anti virus dari Symantec juga sudah “dijejalkan” ke server. Tapi, entah kenapa, masih ada error di dalam system, yang akhirnya server kembali dioprek oleh programmer kita.

Rekrutmen tahun ini benar-benar bikin Web kocar-kacir. Pasalnya, tanpa aba-aba yang jelas dari Pusat, kami sudah harus menayangkan formulir untuk rekrutmen Fasilitator Kelurahan, tahun 2009.

Kenapa saya bilang tanpa aba-aba yang jelas? Karena, semuanya serba mendadak. Kira-kira kronologinya sebagai berikut:

Senin, 5 Januari 2009 pagi. Pak Dedi yang online dari rumah, mengecek Mimbar Bebas. Beliau terkejut dengan pertanyaan dari masyarakat perihal formulir cafaskel yang belum nongol di website. Secara langsung, masyarakat memprotes, karena menurut mereka iklannya sudah tayang di koran.

Saya sendiri, pada Minggu malam, online dari rumah, berbincang dengan Mas Sani (Asmandat Senior KMW 13 UPP-3 Kalimantan Timur) yang mengatakan bahwa ada rekrutmen di KMW 13, melalui selebaran yang ditempel di perguruan-perguruan tinggi di wilayah Kaltim. Saat itu Mas Sani tidak bicara mengenai formulir cafaskel (atau bicara, tapi saya lupa, hehe..) lalu saya tulis pesan offline ke Pak Dedi bahwa rekrutmen tampaknya sudah mulai…

Singkat cerita kami menayangkan formulir lamaran faskel dengan informasi seadanya. Seperti dugaan, berdatangan lah telepon ke kantor kami, menanyakan kejelasan rekrutmen—yang membuat kami angkat bahu, karena kami sendiri tidak mendapatkan informasi yang jelas, meski sudah mendatangi langsung pihak-pihak terkait.

Kami sudah menghubungi KMP-2 dan KMP-3 (tolong yah, KMP-3, teleponnya diangkat. Berkali-kali ditelepon, ga pernah angkat! *bete mode ON* Hehehe..) Sedangkan KMP-2, ternyata bingung juga, karena laporan dari KMW mengenai jumlah faskel yang dibutuhkan (perlu direkrut baru) belum seluruhnya masuk. Nah lho, kok sudah lempar iklan kalau laporannya belum masuk KMP semua? Hayooo, Pak Monev, gimana iniii?? (biar Pak Sutadi nyahut nih! hehehe..)

Akhirnya kami memutuskan agar masyarakat konfirmasi sendiri saja ke KMW masing-masing, seperti metode dua tahun terakhir. Maaf, karena memang rekrutmen adalah otoritas KMW, jadi KMW lah yang paling tahu berapa kuotanya.. Apalagi kami yang di Pusat belum sempat menerima laporan berapa kebutuhan faskel baru dan KMW mana saja yang membuka lowongan (tidak semua KMW membuka lowongan Faskel, karena mungkin jumlah Faskel di KMW tersebut masih cukup).

Mendadak kami merindukan rekrutmen yang lebih terkoordinasi seperti tahun lalu, di mana KMP-2 dan KMP-3 menyerahkan tembusan Skep, KAK, contoh iklan dan jumlah kebutuhan faskel masing-masing KMW. Tahun ini, benar-benar kebakaran jenggot! Yang paling terjepit adalah Sekretaris Advisory (Mbak Anna Shavin), karena setiap telepon ke Pusinfo akan masuk ke Advisory lebih dulu, sebelum diteruskan ke personel Web bersangkutan.

However, untunglah–perlahan-lahan sambil jalan–akhirnya kebingungan tersebut satu per satu terjawab. Kami mulai menerima informasi lengkap mengenai KMW mana saja yang membuka lowongan, kapan mereka memasang iklan dan kapan tenggat lowongan ditutup.

Meski demikian, kami berharap, ke depannya koordinasi antara daerah dengan Pusat (serta Pusat dengan Pusat) akan lebih solid lagi. Tolong ya, Bos, kalau yang ada urusannya dengan website, langsung diinfokan ke kami, agar masyarakat juga tidak bingung..😉

One thought on “Kocar-Kacir Rekrutmen

  1. Muhamad Ridwan says:

    Hatur nuhun kanggo Bapak – bapak nu karasep sareng Ibu Nina nu Geulis yang sudah membuatkan link untuk mediawarga.blogspot.com. Sebenarnya saya jarang meng-update blog ini karena kesibukan sebagai faskel CD. Tapi Insya Allah saya akan muat kegiatan-kegiatan di Kab. Bogor, karena sebentar lagi pemanfaatan BLM PNPM – MP tahap-1 untuk lokasi baru 2008 segera akan digulirkan.

    Oh ya selamat ya, saya sudah test page rank untuk website P2KP, ternyata nilainya 6 dari skala 10. Nilai itu sejajar dengan website top lainnya seperti kompas.com dan detik.com.

    Bravo PNPM – MP !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s