Situs P2KP aktif kembali

Woro-woro! We are “back to business” niiih!😉

Jakarta, 18 Juni 2008

Akhirnya, Situs P2KP Online Kembali

Program Manager P2KP-PNPM Mandiri Perkotaan Aart Van Nes (kiri) dengan saksama mendengarkan penjelasan Programmer Web P2KP Dedi Yuliarto, mengenai kinerja server "baru" kita

Pak Aart (kiri) dan Pak Dedi

Setelah nyaris seminggu penuh lumpuh, akhirnya Situs P2KP.org kembali online, pada Rabu (18/6) petang, mulai sekitar pukul 16.00 WIB. Begitu online, ruang Web langsung menerima telepon bertubi-tubi dari sejumlah tenaga ahli, menanyakan laporan sudah tayang atau belum. Siap, Bos!

Hal lain yang membuat kru Web bersemangat lagi adalah kunjungan spontan dari Program Manager Aart Van Nes ke ruang Web, satu jam setelah Situs P2KP kembali online. Aart memastikan Situs P2KP sudah berjalan normal, sekaligus melihat server lama ber-casing hitam, yang barusan kami “boyong” ke kantor.

Para pengguna setia situs P2KP mungkin bertanya-tanya, apa alasan situs P2KP offline sejak Kamis (12/6) malam? Begini ceritanya..

Menurut Webmaster Situs P2KP Aries Muslim, server P2KP mengalami gangguan hardware (perangkat keras), terutama harddisk (. “Sistem operasi server kita mengalami kegagalan atau kolaps,” kata dia. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh kapasitas harddisk server yang tinggal 725 Megabyte.

Seharusnya, lanjut Aries, kapasitas storage (media penyimpanan) kosong yang dibutuhkan minimal 1 Gigabyte, agar situs berjalan dengan baik. “Kapasitas 1 giga itu adalah standar sistem operasi server windows, karena kita menjalankan auto update. Nah, waktu itu server mau update, ternyata space-nya kurang. Akhirnya jadi error dan kolaps,” jelas dia.

Meski demikian, data konten Situs P2KP tidak hilang. “Hanya sistemnya saja yang mengalami kerusakan, harddisk-nya tidak apa-apa. Makanya, kita bisa memindahakan data dari server lama ke server yang sekarang,” tegas Aries.

Server sekarang, meski bukan “barang” baru, memiliki sistem operasi yang lebih baik dan kapasitas harddisk lebih leluasa. “Jika dahulu harddisk kita hanya 36 Gigabyte yang dibagi menjadi dua partisi untuk sistem dan data, sekarang kapasitas server kita adalah 2 x 73 Gigabyte dan 2 x 36 Gigabyte. Jadi ada empat partisi, dengan rincian 73 Gigabyte untuk sistem, 73 Gigabyte lainnya untuk data, kemudian 36 Gigabyte untuk backup sistem dan 36 Gigabyte lainnya untuk backup data,” jelas Aries.

Mudah-mudahan dengan server sekarang, Situs P2KP tidak akan lagi mengalami crash seperti kemarin. Selamat menggunakan Situs P2KP kembali, rekan-rekan! (Tim Redaksi Web P2KP)

5 thoughts on “Situs P2KP aktif kembali

  1. Arul Syach says:

    KANGEEENNNNNN

  2. Dede says:

    Saya mau minta no kontak Hp Ibu Marnia (P2KP), bulan lalu beliau memesan buku dan VCD M Yunus pada kami (Buku hasil penjualan untuk kegiata sosial di yayasan kami), kami kasih dengan harga total sekitar 4 juta-an, tapi setelah buku dibawa, kami tdk bisa mengontak beliau kerena no Hp nya diganti, kami mohon untuk keperluan orang banyak, minta no kontak beliau. salam. Dede

  3. NiNaGeuLiS says:

    Rekan Arul, kangen ama sapaaaa??😀

    Rekan Dede, sudah kami balas via email yaa..

  4. intan says:

    boleh minta alamat situsnya P2KP?

  5. NiNaGeuLiS says:

    Monggooo.. alamat situs P2KP:
    http://www.p2kp.org

    Oh ya, situs kita sedang pindah server dulu (sejak Jumat, 15 Agustus 2008) jadi mungkin baru pulih beberapa hari ke depan, karena proses teknis pemindahan. Terimakasih atas kesabarannya yaa..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s