Kru Web, up close and personal

Postingan kali ini saya hendak memperkenalkan para kru, pengelola website P2KP.

-pPertama, Aries M. (Webmaster, atau sering kita panggil sebagai bos web).
Secara struktur organisasi, beliau termasuk “kategori” Tenaga Ahli (TA). Sebelum menjabat sebagai bos web, beliau menjabat sebagai TA SIM di KMP P2KP-3. Pasca restrukturisasi pertengahan tahun ini, Pak Aries dinobatkan menjadi Webmaster yang sebelumnya diisi oleh Pak MZ Masngudi.

Posisi webmaster sempat kosong lebih dari setahun. Dan, selama itu, kru web yang masih setia (baca: ngga ada kerjaan lagi sih) menjaga web tetap running, bertahan sebisa mungkin dari semua bombardir pertanyaan seputar publikasi website. Setelah Pak Aries datang, kami pun lega, karena semua “keluhan” para pelaku P2KP lainnya akhirnya bisa dilimpahkan ke beliau. (hihihi..)

)Kedua, Dedi Y. (Web Programmer dan Quick Status–ehem, masih QS gak, Kang? hehe..)
Saat posisi webmaster kosong, kami sepakat “menjerumuskan” Kang Dedi sebagai leader. Pasalnya, di antara kami bertiga, beliau paling lama di P2KP, jadi setidaknya secara substansi beliau lebih mengerti situasi. Ngga cuma itu, beliau juga pandai bicara dalam rapat-rapat penting, dan gaya bicaranya tegas, membuat rekan-rekan di luar web lainnya segan. (horeee..!). Makanya, Kang Dedi agak-agak jadi bumper juga buat kami. hehehe..

Fajar, Peace man! Peace! *halah, slank bener..hihi..*Ketiga, Fajar E. (Webadmin)
Bisa dibilang, pekerjaan yang paling njlimet adalah jadi webadmin. Apalagi waktu forum Mimbar Bebas (MB) di web masih benar-benar bebas, belum ber-password. Fajar paling repot mengedit kata-kata pengguna forum MB yang kebablasan, menutup topik (dengan berbagai pertimbangan), dan men-delete thread forum yang tidak layak dibaca. Selain itu juga, Fajar menangani dan mengupdate isi konten lainnya. Uh, repot banget kaaan?

Biarpun begitu, Fajar tetap punya waktu untuk diskusi asyik dengan saya dan Kang Dedi. hehe..

*no comment* heheKeempat, Nina (Web editor).
Mungkin pekerjaan saya terkesan paling santai, karena hanya meng-handle 2 konten saja, yaitu WARTA dan RUBRIK SASARAN. Updating juga minimal 1 kali sehari. Rutinitas setiap hari adalah cek email dan saving kiriman dari KMW, lalu mengedit tulisan yang akan tayang, mengedit foto yang akan tayang, lalu upload ke web. Kelihatannya mudah dan simpel kan? Betul sekali..

Tapi, stres paling tinggi bisa dibilang, justru di saya! Bagaimana tidak, pekerjaan editing sangat melelahkan. Tidak hanya mata, tapi juga otak. Apalagi jika tulisan yang diterima datangnya bukan dari orang yang “bisa menulis”, tapi dari rekan yang sedang “belajar menulis”. Meski sebenarnya saya sangat senang menerima tulisan dari rekan-rekan KMW meski mereka baru belajar, saya tidak bisa mungkir bahwa para “penulis baru” ini membuat saya sakit kepala, karena alur tulisannya sangat berantakan.

Apalagi, jika mereka menggunakan bahasa laporan ilmiah (maklum, rekan-rekan adalah pekerja tangguh di lapangan, tapi belum tentu bisa menguraikan prestasi mereka ke dalam satu tulisan yang lugas). Atau yang lebih parah adalah menggunakan bahasa lisan. Bisa dibayangkan, bahasa lisan dengan bahasa tulisan sangat berbeda. Karena, bahasa lisan (yang diterjemahkan ke dalam tulisan) biasanya tersempal “aksen” daerah. Misalnya, kalimat “itu orang”, “kita orang”, “kita punya”. Jika saat itu pikiran masih fresh, tentu tidak sulit menemukan kata pengganti yang baku. Masalahnya, mengedit membuat otak lelah. Akhirnya, streslah yang ada.. Mengakalinya, tentu dengan browsing dan menulis di blog, seperti sekarang ini.. (Aneh ya, pusing dengan editing, tapi tidak bisa melepaskan diri dari dunia tulis menulis dan ketik mengetik! hehe..)

However, menjadi editor dan “membimbing” rekan-rekan yang baru belajar menulis, sungguh sangat menyenangkan. Apalagi melihat rekan-rekan yang saya bantu belajar bisa menunjukkan perkembangan pesat dalam menulis. Sebut saja, Senior Fasilitator Belitung Ade Syerni, yang memiliki potensi besar dalam menulis opini (artikel) dan cerita sarat filosofi. Kemudian, Mas Rachmat Gunarto (mantan? Askot Belitung) yang biasanya rajin mengirimkan tulisan & berita, Kang Jihad Dienullah (TA Sosialisasi KMW III NAD), Pak Ari “Doraemon” Hariadi (TA Pelatihan KMW III Kalteng), Pak Totok Priyanto (TA Monev KMW IX Jambi-Riau-Kepri), dan lain-lain.

Meski belum pernah bertemu muka dan kenal secara langsung dengan rekan-rekan tersebut, kami saling bertukar informasi melalui email dan SMS untuk sekadar mengetahui kabar dan perkembangan situasi di masing-masing wilayah. Semoga rekan-rekan semua tidak kapok ya saya “editori”. hehe..

Bagaimana suasana bekerja di web?
Jawab: ASYIK!!

Bisa dibilang, sejak proses berdirinya website P2KP tahun 2001, bos web selalu membuat suasana kerja yang santai, hangat, dan penuh kekeluargaan. Bahkan “suksesor” bos web yang sekarang pun sangat santai tapi profesional. Melontarkan komentar bernada canda jadi suatu “kewajiban PLUS kebutuhan” bagi kami sehari-hari. Selain itu, ada lagi satu hal yang bisa mengobati kejenuhan dan kekesalan akibat server internet ngedrop, yaitu “baku tembak” network (LAN) game MOHAA. hehe.. Namun, game baru dimulai ketika kami benar-benar jenuh dan koneksi internet benar-benar modar.

Sungguh, cara seperti ini sangat berpengaruh terhadap mood/moral bekerja. Setidaknya, keesokan harinya kami akan datang dengan jiwa yang lebih fresh dan optimis..

Nah, bagaimana dengan suasana bekerja di kantor Anda?

Too much pressure can kill you, lho.. hehe..

15 thoughts on “Kru Web, up close and personal

  1. willy aulia says:

    ada lowongan di web ga??
    mau dong gabung..jadi apa kek….office girl , operator ato apalah yg penting bisa “MOHA’…….hihhihi

  2. p2kafe says:

    hihihihi… waduh, klo kita boleh rekrut lagi sih, langsung deh Mbak Anna yang kita kontek pertama kali! tapi, mungkin jadi wartawan. Apa mau, Mbakyu? hehe..

  3. ade syerni says:

    teh nina de kangen nulis tapi ?????????

  4. p2kafe says:

    lhooo… tapi kenapa, De? santai aja.. memang yang namanya nulis itu perlu dukungan mood. kecuali kalau Ade memang wartawan, mood atau gak mood tetep harus nulis. hehehe.. Selama Ade nulis untuk menyalurkan ide dan unek-unek, bisa kapan aja kok.. ditunggu sama kita-kita di web..πŸ˜‰

    However, semangat dong, De (nulisnya juga! hehe..) Biarpun Mas Rachmat udah pindah ke Palembang, kan Ade udah ada bakatnya tu.. kalau perlu, Askot yang sekarang, Ade yang ajarin nulis. hehehe..

    Okey, salam untuk keluarga yaa..πŸ˜€

  5. adesyerni says:

    Ya teh, semenjak mas rachmat pindah, ga ada lagi yang ngerampok tulisan de. yang tiba2 ada di web p2kp. He he maklum de paling males ke warnet karena selain mahal, ngantreeeeeeeeeeeeeeeee. belitung gitu loh. kalo dulu kan ada laptop nya mas rachmat, bisa numpang ngetik plus ngenet. trus kalo mau ngetik harus ke basecamp dulu, tar ya, sekarang de lagi sibuk pencairan, padahal de udah janji sama pak ahmad mau nulis tentang pembentukan BKM belitung…. Pak Ahmad maafin de ya……

  6. p2kafe says:

    hehehe.. mudah-mudahan Ade dikasih kesempatan untuk nge-warnet lagi ya, De.. ditunggu pemikiran-pemikiran filosofis dan analogi-analogi positifnya.. as usual. hehe..πŸ™‚

    Salam kompak utk Belitung yaaa..

  7. rachmat says:

    walah walah ! masa saya di bilang ngerampok tulisannya ade…, musti di klarifikasi nih..! saya tidak pernah bermaksud ngerampok tulisannya, tapi cuma ngambil secara paksa tulisannya trus saya kirim ke web p2kp itu aja ko!, jadi beda dong …! antara merampok tulisan dengan ngambil tulisan secara paksa. lagi pula salah sendiri bikin tulisannya bagus-bagus? hehehe…

    Udahhh, sekarang ade mulai nulis aja lagi trus kirim ke teh nina. Toh tulisan de slama ini dijamin tayang kan?
    oya de, siapa tau suatu saat ada lowongan di web terus ade dilirik deh ama teh nina buat bergabung. hihihi

    tapiiiii?, kalau ade dilirik teh nina kasihan dong mbak willi aulia…bisa kesaing nih! padahal dia sudah nanyain lowongan kerja di web sejak kemarin-kemarin. hehehe (maaf yah mbak willi, cuma becanda )

    ingat loh de.. “semua orang Derajatnya dari amalnya” (Qs 6:132). Amal saleh ialah mengajarkan kebaikan, mencintai kebaikan, dan melakukan kebaikan. Jadi manfaatkan keahlian menulis de ntuk beramal saleh dengan cara mengajarkan kebaikan, ocre :>

  8. adesyerni says:

    Thanks ya mas Rachmat…. kangen nih dicerewetin he he he
    Buat mbak willi lam kenal.
    Teteh orangnya kaya apa ya, penasaran??????????
    kata pak teguh teteh tuh rameeeeeeeeee.
    dah ya, lagi sebel nih ngecek email ternyata belum dikirim. met beraktivitas aja buat semua,have a nice day.

  9. p2kafe says:

    eeeeeh.. ada Mas Rachmat, ada Ade jugaa.. hihihi.. Selamat dataaang, welcome, welcome.. senang bisa bergabung!πŸ˜‰

    Ooo.. mbak Willy Aulia, itu sebenernya orang advisory, tapi tergiur sama “asyiknya” suasana kerja di web. hihi.. yaa, soalnya nyaris setiap sore (begitu kerjaan beres semua) kita buka server lain. Yaitu, server MOHAA. hehehehe..

    MOHAA itu singkatan dari Medal of Honor Allied Assault. Yaitu, sebuah game PC tiga dimensi yang mirip sama Counter Strike gitu deh.. nah, MOHAA ini bisa main lewat network, jadi bisa tanding dua kubu berbeda. Mapnya macam-macam, mulai dari lokasinya map di Prancis (desa gitu) sampe di Jerman. Settingannya pun PD II. hehehe.. kok jadi mbahas MOHAA sih..

    anyway, nina orangnya kayak apa ya?? hmmm.. yang jelas sih, narsis. hihi.. gimana gak narsis, wong di web aja ngakunya geulis (alias cantik). hehe.. padahal aslinya sih nggak cantik-cantik banget. tapi cantik! (tetep!! hehehe..)πŸ˜€

    kapan-kapan klo Ade datang ke Jakarta, kita ketemuan yaaaa..πŸ˜‰ ditunggu karya-karya berikutnya. Mas Rachmat juga, ayo nulis! dan, ditunggu undangannyaaa.. katanya mau lamaran juga? hoho..

  10. adesyerni says:

    Ass, siang…. cuma mau nyapa Teh Nina geulis.
    Itu aja. dah geulis.
    Oya agak aneh ya web p2kp sekarang, terus kalo ngirim tulisan gimana donk……?
    Makasih teh geulis.

  11. p2kafe says:

    Aduh, ya ampun.. saya kok nggak ngeh ada comment dari Ade! hehehe.. Maaf, De.. Baru balasnya sekarang…

    De, tampilan web memang berubah, per 4 Januari 2008, atas permintaan dan persetujuan PMT. Tapi, soal pengiriman tulisan, tetap kok. Bisa melalui website (klik Warta “selengkapnya” lalu kirim berita) atau ke email: pusinfo@yahoo.com

    Jadi, soal mekanisme pengiriman, kita tetap lhoo..

    Ohya, terimakasih Ade mengirim tulisan partisipatif melalui email pribadi aku. Tapi, mohon maaf kalau aku terlambat “ngeh”, karena gmail kadang sulit sekali diakses dari kantor, entah kenapa..

    Anyway, selamat yaaa atas jelang pernikahannya…πŸ˜‰

  12. shalimow says:

    pagi teman-teman…penjaga cafee GAULZ P2KP
    Semoga sukses selalu

    Mbak Nina aku kan katrox, gaptek, masih suka tergagap-gagap tentang ngeblog. Lain waktu ajarin ya….. yang aku gak mengerti

    OK thanks

  13. NiNaGeuLiS says:

    Aisss… Bang Shaaa…πŸ˜€
    Selamat datang di p2kafe. Baru keliatan nongol niiih?

    Maaf baru “terbalaskan” message-nya. hehehe..

    Bantuan tentang ngeblog? SIAAAAPPP…πŸ˜‰ Nanti aku bikinin tutorialnya deh.. hehehe..

  14. ivan haryansen says:

    hai lam kenal aja?dari p2kp kerinci

    • p2kafe says:

      Salam kenal juga Rekan Ivan dari Kerinci.
      Kami kangen kiriman tulisan dari Kerinci niiih.. Kirim-kirim lagi doong..πŸ˜‰ Salam untuk Rekan-rekan di Kerinci yaa! Semangat terusss!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s